Tips menghemat l cara mengatasi baterai blackberry Z10 yang boros

Dari dulu hingga kini, pengguna BlackBerry selalu dirundung momok usia baterai. Walau perangkat termutakhir dengan sistem operasi BlackBerry 10Z10, di-klaim memiliki kapasitas dan daya tahan yang lebih besar daripada perangkat sebelumnya, namun dengan mempertimbangkan makin sibuknya aktivitas para pengguna BlackBerry, berikut ini 10 hal yang mesti Anda ketahui sebagai pengguna Blackberry Z10

  1. Selalu periksa pembaharuan sistem operasi Anda. Kapanpun ada pembaharuan/ update released,  pastikan Anda untuk memasang/ install pembaharuan tersebut ke Z10 Anda. Hal tersebut dapat memastikan seluruh fitur yang ada pada perangkat Anda, termasuk baterai, mendapat optimalisasi langsung dari BlackBerry. Sejatinya, Anda akan mendapat notifikasi mengenai pembaharuan tersebut, namun untuk memeriksa ada tidaknya update released, Anda dapat masuk pada pilihan Settings pada Z10Anda, lalu ketuk/tap Software Updates, kemudian Check for Updates. Untuk mengakses ikon Settings pada Z10 Anda, sapu ke bawah (swipe down) dari bagian atas layar Z10 Anda saat Anda tengah berada Home Screen, lalu ketuk/tap Settings.
  2. Koneksi. Direkomendasikan untuk menggunakan jaringan WiFi dimanapun mungkin Anda dapat akses, karena dengan begitu Anda dapat menghemat tenaga baterai Z10 Anda. Jadi, pastikan Anda aktif mencari jaringan WiFiatau hotspot dimanapun Anda berada.
  3. Isi Daya/Charging. Walau BlackBerry Z10 Anda didesain dengan sedemikian efisien dalam penggunaan baterai, namun adalah bijak bila Anda tetap menggunakan pengisi daya/charger bawaan yang ada. Saat Anda mengisi daya, hindari kelebihan isi daya (saat daya sudah penuh, segera lepaskan koneksi pengisi daya dari perangkat cerdas Anda), isi daya baterai Anda minimal 15 menit (jangan kurang!) dan hindari paparan sinar matahari secara langsung ke perangkat Z10 Anda (misalnya di dashboard mobil Anda) atau paparan temperatur dingin yang sangat ekstrim.
  4. Akun Email. Sedapat mungkin, gunakan Active Sync atau IMAP via POPsaat mengatur/setting akun email baru Anda, karena pilihan itu merupakan protokol yang efisien untuk sebuah perangkat bergerak/mobile device. Bila akun email yang Anda masukkan ke dalam Z10 Anda cukup banyak, maka pastikan Anda hanya melakukan sinkronisasi email yang penting saja, sementara yang lain dapat Anda atur manual sync. Selain itu, hapus akun yang sudah tidak lagi Anda gunakan dari smartphone Anda.
  5. Notifikasi. Jika Anda menerima banyak notifikasi sepanjang hari, pastikan Anda mengatur notification profiles pada Z10 Anda. Sebagai contoh, bila perangkat Anda di-set bergetar/vibrate, ini akan memakan daya baterai Anda lebih banyak daripada menggunakan notifikasi lampu LEDOya, satu lagi, saat Anda tidur atau beristirahat di malam hari, pastikan Anda menggunakanbedside mode untuk notifikasi Z10 Anda.
  6. Skala terang layar Anda. Cara yang signifikan untuk mengurangi penggunaan daya baterai Z10 Anda adalah dengan mengurangi skala terang/  brightness   layar  Z10.
  7. Kunci layar/Lock Screen. Pastikan layar Z10 Anda dalam keadaan terkunci saat tidak digunakan.
  8. Screen Lock Timeout. Sebagai tambahan untuk hemat daya baterai, Anda harus mengatur Screen Lock Timeout. Pengaturan ini  menentukan seberapa panjang perangkat Z10 Anda menunggu sampai lampu layar Andaturn off saat Z10 Anda tengah tidak digunakan.
  9. Gunakan Case atau Holster.
  10. Selalu perhatikan aplikasi pihak ketiga dan pembaharuan sistem aplikasi permainan Anda.
  11. Gunakan baterai double power yang sudah teruji dan terbukti kualitasnya.

sumber : lhaini.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s